Pemanfaatan Bulu Kambing

Posted on

Bulu kambing merupakan rambut pendek dan lembut pada tubuh kambing yang memppunyai fungsi salah satunya untuk menyimpan panas badan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Bulu kambing adalah hasil samping dari peternak kambing atau pemotong kambing. Banyak pemotong yang membuang bulu kambing tanpa memanfaatkannya lebih lanjut.

Bulu kambing yang dibuang tanpa memanfaatkan hanyalah menjadi limbah dan bisa mencemari lingkungan karena proses penguraiaan bulu kambing di tanah lama. Namun sekarang Bulu kambing sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan produksi industri. Saat ini bulu kambign digunakan oleh sebagian masyarakat misalnya dibuat karpet, sajadah, benang pancingserta biasanya bersama kulit dibuat Frame Kaligrafi dan samak bulu. Kebanyakan Permadani dan karpet dibuat di Timur Tengah.

Bulu kambing juda dapat di pintal dijadikan kain Wool, untuk keperluan khusus seperti sikat bulu kambing biasanya digunakan berasal dari serat mohair. Kegunaan serat mohair diantaranya untuk kain berbulu seperti selimut, kain pakaian musim panas, kain rajut dan kain penutup kursi dan pemadani.

            Bagi masyarakat Badui suku Badui Arab, Persia, dan Anatolia, Permadani menjadi bendayang sangat penting bagi kehidupan mereka, seperti membuat tenda untuk melindungi diri dari badai pasir dan alas lantai yang nyaman. Selain itu juga permadani digunakan sebagai hiasan dinding atau pembatas ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *